03 Desember 2016

SEPUTAR SIMPOSIUM NASIONAL 2016

Kegiatan simposium ini sebenarnya merupakan tujuan kedua dari kegiatan Forum kreatifitas Karya Ilmiah (FKKI) 2016 yang dilaksanakan oleh P4TK IPA. Acara dilaksanakan pada tanggal 25 November 2016 yang berlokasi di Sentul International Convention Center.
Undangan simposium sekaligus peringatan Hari Guru nasional 2016
Persiapan keberangkatan menuju arena simposium dilakukan malam hari sebelumnya. Panitia mengumumkan bahwa seluruh peserta FKKI sudah berkumpul di dalam Bus yang telah disediakan pada jam 6.45 pagi, dan bus akan berangkat jam 7.00.

Pihak Hotel Lorin pun ikut mendukung persiapan kegiatan ini yaitu dengan membuka layanan breakfast lebih cepat 1 jam dari hari biasanya. Wah .... jika ngeliat semangat peserta begitu besar, mulai jam 5.30 restauran hotel sudah penuh dengan peserta FKKi yang berbatik ria, rata-rata mereka menggunakan Batik dari daerah asalnya masing masing. Sayangnya aku lupa foto-fotoin bagaimana kekayaan Batik Indonesia .... uh sayangnya, lupa bikin arsip saking semangatnya mau lihat seperti apa sih karya teman-teman guru yang akan tampil di simposium?

Sampai di SICC ingatanku kembali melayang 5 tahun yang lalu, yah ... tempat ini memberikan kenangan tersendiri karena ditempat inilah aku mendapat penyematan tanda Kehormatan Satya lancana dari presiden RI Saat itu Bapak Susilo bambang Yudoyono. Waktu itu hanya 5 orang guru dari seluruh Indonesia yang mendapatkann penghargaan tertinggi bidang pendidikan tersebut, dan hanya aku satu-satunya perempuan .... Alhamdulillah Ya Allah. Jadi arena ini bukanlah sesuatu yang asing bagiku.

Karena masihh pagi, aku sempatkann berkeliling area pameran, disana banyak instansi yang berpameran, kebanyakan dari P4TK, mulai P4TK IPA, P4TK bahasa, P4TK bisnis dan pariwisata, kemendikbud, organisasi guru seperti IGI, FSGI dan masih banyak lagi, Disini mereka membagi-bagikan buku, wah sayangnya yang dibagikan hanya buku yang berkaitan dengan keorganisasian mereka, aku tidak terlalu berminat, mbok ya karena yang banyak berkunjung adalah guru, bisa kami dibagikan ensiklopedia pengetahuan, buku cerita, majalah atau apalah .... asal jangan tentang organisasi tersebut.
Nah ada juga yang memberikan kenang-kenangan berupa tas kantong, pulpen, pin, atau kipas .... nah kalo yang seperti ini bermanfaat menurut ku hehehe .....

Setelah agak puas berkeliling area luar gedung yang dijadikan tempat simposium, dan dari luar acara terdengar acara pembukaan sudah dimulai, bergegas ku ajak temanku untuk masuk dan mengikuti acara pembukaan simposium.

Acara ini dibuka oleh Dirjen GTK Bapak Pranata, menurutku Bapak yang satu ini super kocak, melihat wajahnya saja mungkin sudah membuat kita bahagia dengan senyum ramahnya.
sambutan Dirjen GTK pada acara pembukaan simposium
Acara dilanjutkan dengan pengumuman panitian dan pembagian lokasi simposium, yang dibagi atas 4 area. Area pertama untuk paud yang terdiri atas ruang 1, 2 dan 3, area 2 untuk dikdas meliputi ruang dikdas 1, 2 dan 3, area 3 untuk dikmen yang terdiri atas dikmen 1, 2 dan 3 dan terakhir area utuk tenaga kependidikan.
Acara juga dilengkapi dengan berbagai macam seni, seperti tari, pusi, dan paduan suara. Berikut gambar-gambar seputar hiburan dalam acara pembukaan simposium.
Tarian pembuka

Ini teman-temanku dengan wajah cerah dan ceria
Siip lah teman-teman, tetap semangat bersimposium yaaa
Kelompok paduan suara dari guru-guru Indonesia Timur
Tari Sim-sim dari kelompok Guru Jakarta
Sumbangan lagu secara spontan dari guru-guru yang pede punya suara bagus 
Setelah acara pembukaan, peserta diarahkan untuk mengikuti acara simposium guru, dan setiap guru bebas memilih ruang simposium mana yang ingin di ikuti, setiap ruang kapasitas kursi yang disediakan ada 80 kursi. Aku sendiri lebih tertarik masuk ke ruang dikmen 2. Dan penyaji yang pertama kulihat teman ku di FB, kami tidak pernah bertemu sebelumnya, tapi aku sering baca statusnya di FB. Dia adalah Cece Sutia, aku lupa guru dari SMA berapa, tapi yang jelas dia berasal dari Bandung. Berikut foto-foto sekitar simposium guru.
seperti ini tampilan cece ketika mempresentasikan artikel ilmiahnya dalam simposium Guru Nasional yang mengambil tema perlindungan Guru
Cece Sutia in Action, penuh semangat dan berapi-api presentasinya
Peserta simosium dikmen lainnya
Sesi pertama simposium berakhir jam 12 selanjutnya peserta dipersilahkan makann siang, sholat. pada sesi pertama selesai 5 artikel disajikan sisanya 5 lagi setelah ishoma.
Rasa letih mulai menyerang, setelah makan siang, aku ambil posisi di dalam ruangan, sambil menunggu jam 3, karena acara simposium dijadwalkan selesai jam 15.00. Namun ada pengumuman susulan yang menginformasikan bahwa Pak Muhajir Effendy menteri pendidikan Indonesia akan datang sekitar jam 16.00, jadi peserta simposium disarankan untuk tidak meninggalkan arena simposium.

Kedatangan pak menteri ternyata ngaretnya hampir 2 jam, beliau datang sekitar jam 6, pas azan maghrib berkumandang, dan beliau baru masuk ruangan setelah sholat maghrib, weh .... pak menteri sholat maghrib kami gimana nih? mau keluar gak bisa ...karena pintu sudah ditutup.

Acara dimulai dengan laporan dirjen GTK, dilanjutkan sambutan menteri pendidikan, Tampaknya Pak menteri begitu semangat sehingga sambutannya panjaaaang sekali. Berikut foto-foto mulai dari kedatangan menteri sampai kembali lagi ke hotel.
Sambutan menteri pendidikan Nasional dalam Acara simposium Nasional tahun 2016

Tari-tarian
Mejeng dulu ah, dengan background Pak menteri yang lagi kasih sambutan

Sekali lagi mejeng ah
Penganugerahan sayta lancana bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi yahun 2016

Ini temanku irma, juga menerima satya lancana pendidikan dari Pak menteri

Ini juga masih pemberian satya lancana pendidikan
Acara berakhir jam 8.00 dan pak menteri diserburatusan guru yang ingin berfoto ria, termasuk aku, karena tempat duduk ku dibelakang Pak menteri, jadi deh tanpa susah payah berfoto diantara kerumunan guru dan menteri hehehe ....
Coba tebak, mana wajah pak menteri yaaaaa? ↡
Bagi teman-teman yang mau naskah pemenang simposium, ini aku lampirkan seluruh karya pemenangnya semoga bermanfaat. Okay .... segitu dulu laporan pandangan mata ala prestasi herfen.blogspot.com semoga bermanfaat.

Naskah 1
Bagai Permata dalam Etalase

Naskah 2
Revitalisasi SMK Kemaritiman dalam rangka menunjang Indonesia sebagai poros maritim

naskah 3
ICT based Learning materials potensi penggunaan Augmented reality (AR) dan Virtual reality (VR) aplication dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA

Naskah 4
Model "tawa profesor" : implementasi budaya 5 B berbasis MBS dan hidden curriculum dalam mewujudkan "taman Integritas" sekolah

Naskah 5
Assesment membaca Pemulaan

Naskah 6
Flip Book Bilangan bulat sebagai media dan sumber pembelajaran di kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Banjarmasin

Naskah 7
Reaksi kimia bersyair dalam gerakan literasi sekolah

Naskah 8
Technological paedagogical content knowledge (TPCK) melalui jejaring  sosial facebook dan Google drive

Naskah 9
Aplikasi kamus bahasa isyarat untuk android dan komputer sebagai media komunikasi dengan tunarungu

Naskah 10
Mengurangi frekuensi bulying antar siswa tunagrahita dengan memanfaatkan jam istirahat sekolah untuk kegiatan bermain musik

Naskah 11
Pengembangan bahan ajar kimia berbasis web dengan HTML 5 sebagai pendukung pembelajaran

Naskah 12
Catur sakti cetak siswa SMK siap kerja

Tampaknya cuma 12 naskah pemenang, karena setiap jenjang hanya diambil 3 pemenang dari jenjang PAUD/SLB, jenjang Dikdas dan jenjang SMA/SMK

Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog Aku (^_^)

Manfaat daun-daunan untuk kesehatan

Daun Pepaya (Carica papaya)

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pepaya adalah salah satu jenis buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan dan juga Meksiko. Buah dengan warna orange segar ini, memang sangat nikmat jika dinikmati ketika hari sedang terik. Dalam dunia medis, buah pepaya sudah sangat terkenal karena keampuhannya mengobati beberapa jenis penyakit ringan. Di indonesia sendiri buah pepaya memiliki jumlah yang melimpah dan bisa ditemui dimana-mana dan harganya pun sangat murah. Kebanyakan orang hanya mengetahui manfaat buahnya saja, padahal ada salah satu bagian dari pohon pepaya yang sebenarnya mengandung banyak sekali manfaat yakni daunnya. Manfaat daun pepaya tak hanya digunakan dalam dunia kesehatan namun ternyata bisa juga digunakan dalam dunia kecantikan. Daun pepaya sendiri mengandung beberapa senyawa katif yang mempunyai efek yang sangat baik bagi tubuh. Berikut ini akan kami berikan beberapa uraian mengenai manfaat yang bisa diambil dari daun pepaya.

Sebagai Obat Jerawat
Manfaat daun pepaya yang pertama adalah dapat digunakan sebagai obat jerawat. Sebenarnya, nenek moyang kita jaman dulu telah banyak memanfaatkan daun pepaya ini sebagai salah satu obat untuk menghilangkan jerawat. Cara penggunaannya juga sangat mudah yakni dengan mengambil 2 hingga 3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Kemudian jemur sebentar dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, masukkan 1 sendok air dan campurkan hingga merata. Gunakan tumbukan daun pepaya tersebut sebagai masker. Diamkan hingga kurang lebih dua puluh menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Lakukan terapi ini secara rutin agar jerawat cepat hilang.

Obat Demam Berdarah
Manfaat daun pepaya yang ke dua adalah dapat digunakan sebagai Obat demam berdarah. Untuk anda yang kebetulan terkena penyakit demam berdarah atau terindikasi mengalami gejala demam berdarah, anda bisa mengkonsumsi daun pepaya sebagai obat. Daun pepaya sangat baik dikonsumsi oleh para penderita demam berdarah karena daun pepaya memiliki kandungan zat yang bisa menetralkan penyakit tersebut. caranya sangat mudah yakni dengan merebus daun pepaya bersama dengan meniran, gula merah dan juga temulawak. Rebus hingga matang, kemudian dinginkan. Setelah dingin, ramuan bisa diminum.

Obat Anti Kanker
Manfaat daun pepaya yang ke tiga adalah dapat digunakan sebagai obat anti kanker. Beberapa penelitian menyebutkan jika batang daun pepaya mengandung getah yang berwarna putih atau yang lebih dikenal dengan white milky latex yang sangat ampuh bila digunakan sebagai obat anti kanker. Namun anda tidak perlu memakan batang buah pepaya untuk mendapatkan khasiat dari zat tersebut. Anda cukup mengkonsumsi daun pepaya saja karena di dalam daun pepaya juga mengandung zat yang sama.

Baik Untuk Pencernaan
Manfaat daun pepaya yang terakhir adalah untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi daun pepaya yang sudah direbus akan sangat baik untuk memperlancar pencernaan. Hal ini diakibatkan oleh kandungan zat karparin yang terdapat dalam daun pepaya. Zat karparin sendiri merupakan suatu zat kimia yang dapat membasmi mikroorganisme jahat yang dapat menimbulkan masalah pencernaan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda bisa mengkonsumsinnya 2 hingga 3 kali seminggu.

Demikianlah beberapa penjelasan yang bisa kami sampaikan terkait denganmanfaat daun pepaya. Untuk mendapatkan manfaat dari daun pepaya ini ternyata tak harus selalu dikonsumsi, namun ternyata daun pepaya bisa juga digunakan sebagai masker. Dengan demikian anda tidak perlu merasakan rasa pahit daun pepaya ketika menginginkan manfaat dari daun yang satu ini. 

--------------------------------------------------------------------

Daun Sirsak (Annona muricata)

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Anda tentu sudah mengenal buah sirsak dengan cukup baik. Buah ini adalah buah yang enak dan manis sering kita jumpai di pasar atau supermarket. Sirsak juga punya harga yang relatif murah dibanding dengan buah yang lain. Sayangnya buah yang satu ini adalah buah Musiman yang tak setiap saat bisa muncul dan dibeli. Namun baru-baru ini ternyata sirsak tak hanya bermanfaat buahnya namun daunnya pun kini punya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat daun sirsak bagi tubuh manusia beragam dan bermacam-macam fungsinya. Bahkan kini di banyak jamu dan obat herbal banyak ditemukan manfaat yang bisa diperoleh dari daun tersebut.

Beragam Manfaat Daun Sirsak untuk kesehatan
Ada banyak manfaat daun sirsak yang salah satunya dan paling populer adalah untuk pengobatan penyakit diabetes melitus atau penyakit yang disebabkan oleh naiknya gula darah dalam darah yang tak terkendali akibat dari defisiensi insulin yang berakibat pada kerusakan dan gangguan fungsi jaringan serta organ tubuh manusia tersebut. Daun sirsak punya senyawa aktif yang mampu menurunkan tingkat kadar gula darah dengan memicu produksi insulin yang lebih optimal sehingga gula darah bisa lebih terkontrol.

Manfaat daun sirsak yang lain bagi kesehatan adalah sebagai obat kanker. Memang penyakit yang satu ini menjadi momok yang menakutkan bagi kita semua. Bagaimana mungkin tidak kanker sulit sekali diobati terlebih jika perkembangan penyakitnya sudah berlanjut ke stadium lanjutan. Daun sirsak punya manfaat membunuh sel-sel kanker bahkan lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi atau radioterapi. Reaksi ini disebut sebagai apoktosis atau proses mematikan sel dengan cara alami dan sangat tidak berefek layaknya penggunaan bahan kimia pada kemoterapi bahkan radiasi.

Manfaat daun sirsak juga selain mampu menjadi bahan anti kanker dan penurun kadar gula darah juga bagus bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi tersebut memacu berbagai macam penyakit kronik dan menahun seperti penyumbatan arteri, jantung koroner bahkan stroke. Tentu saja hal tersebut tak diinginkan oleh kita semua sebagai manusia. Kita ingin hidup kita tetap berkualitas baik hingga akhir hayat menjemput kita. Hal tersebut lumrah terjadi karena penyakit-penyakit kronis sebenarnya bukanlah penyebab kematian kita karena setiap orang sudah pasti akan mati di waktunya namun setidaknya kita berusaha agar sampai kita mati kita tak mengalami penyakit yang tak hanya kan banyak memakan biaya namun juga merepotkan keluarga.

Manfaat daun sirsak akan lebih efektif dengan mengkombinasikanya dengan buah manggis sebagai buah ajaib yang banyak dibicarakan banyak orang. Keistimewaan buah tersebut terletak pada tingginya kandungan antioksidan dan beragam senyawa aktif dibandingkan buah-buah yang lain. Buah-buahan tersebut tidak setinggi kandungannya dibandingkan dengan buah manggis. Kombinasi keduanya terbukti efektif mengobati beragam penyakit berbahaya seperti hipertensi dan diabetes melitus. Yang terpenting ketika mengonsumsi daun sirsak adalah tetap menghindari berbagai macam pantangan yang dianjurkan oleh dokter serta tak boleh meneruskan gaya hidup yang kurang sehat.
Untuk pengobatan diabetes melitus ambilah 10 lembar daun sirsak dan rebus dengan 4 gelas air mendidih. Campurkan dengan 2 ruas jari temulawak dan satu ruas kunyit untuk menambah efek anti infalamsi.



-------------------------------------------------------------------


Daun sukun (Arthrocarpus communis)

5 Manfaat Daun Sukun yang Baik untuk Kesehatan

Apakah Anda tahu bahwa daun sukun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan? Manfaat daun sukun untuk kesehatan cukup efektif dalam mengobati beberapa penyakit kronis. Tidak hanya buah sukun saja yang dapat dimanfaatkan. Daun sukun juga memiliki manfaat, bukan sebagai makanan yang enak dimakan tetapi dapat menjadi bahan utama pembuatan obat tradisional. Obat tradisional yang terbuat dari daun sukun ini cukup efektif dan terbukti ampuh dalam mengobati beberapa penyakit. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dari daun sukun simak ulasan berikut ini.

Mengobati asam urat
Manfaat daun sukun yang pertama yaitu dapat dijadikan obat asam urat. Untuk mengobati penyakit asam urat Anda harus memilih daun sukun yang masih segar, tidak berlubang dan juga mulus. Setelah itu cuci hingga bersih, potong kecil-kecil dan keringkan dengan cara dijemur. Setelah kering, seduh daun sukun tersebut menggunakan air panas. Anda juga dapat menambahkan daun greges otot. Diamkan beberapa saat dan saring, minum airnya setelah dingin. Anda dapat menambahkan madu asli atau gula batu untuk memberikan rasa manis. Minum obat tradisional ini 2 kali sehari.

Mengobati penyakit ginjal
Manfaat daun sukun untuk ginjal ini dapat Anda peroleh dengan meminum rebusan daun sukun secara teratur. Sama halnya dengan cara sebelumnya, pilih daun terbaik untuk dipotong-potong dan dikeringkan. Hanya saja daun sukun kering ini direbus, bukan diseduh.

Mengobati penyakit jantung
Manfaat lain daun sukun yaitu dapat mengobati penyakit jantung. Bagi Anda yang memiliki gangguan jantung dapat mengkonsumsi obat tradisional dari daun sukun. Untuk memperoleh manfaat daun sukun dalam menyehatkan jantung ini, Anda dapat memilih daun sukun yang sudah tua. Pastikan daun sukun tersebut masih menempel di pohonnya. Bersihkan dengan air kemudian dijemur hingga kering. Rebus daun sukun tersebut menggunakan 5 gelas air bersih, rebus sampai air yang tersisa hanya tinggal setengahnya saja. Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Mengobati penyakit diabetes
Daun sukun juga bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati penyakit diabetes. Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya, rebus daun sukun yang sudah tua menggunakan air bersih. Tunggu sampai airnya tinggal setengahnya saja dan minum secara teratur. Manfaat daun sukun untuk diabetes ini dapat Anda peroleh secara maksimal dengan mengkonsumsi obat tradisional daun sukun secara teratur di pagi hari.

Mengobati penyakit lever
Khasiat atau manfaat lain dari daun sukun yaitu dapat mengobati penyakit lever. Penyakit lever termasuk salah satu penyakit berbahaya dan mematikan. Untuk mengobati penyakit lever, Anda dapat meminum air rebusan daun sukun kering 2 kali sehari. Manfaat daun sukun untuk mengobati penyakit lever ini dapat Anda peroleh secara maksimal dengan konsumsi secara rutin dan teratur. Dalam 1 kali minum dosisnya adalah 1 gelas air rebusan daun sukun kering. Baca juga manfaat daun binahong bagi kesehatan.

Ada banyak manfaat daun sukun yang dapat Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan Anda. Selain mengetahui manfaat dari daun sukun, ada baiknya jika Anda juga mengetahui kandungan yang ada dalam daun sukun. Zat yang terkandung dalam daun sukun diantaranya yaitu tanin, asam hidrosinat, riboflavin dan juga asetilcolin. Zat-zat tersebut bermanfaat melawan sumber penyakit yang berbahaya dalam tubuh manusia. 


----------------------------------------------------------------------

Daun Salam (Syzgium polyanthum)

Berbagai Macam Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Salam merupakan sebuah nama pohon yang menghasilkan daun rempah-rempah yang biasanya dipergunakan sebagai salah satu bahan masakan di Indonesia. Dalam bahasa inggris, daun salam dikenal dengan nama Indonesian bay-leaf atau Indonesian Laurel. Sedangkan Untuk nama ilmiah daun salam sendiri dikenal dengan nama Syzgium polyanthum. Pohon salam umumnya memiliki ukuran sedang, ketinggiannya mencapai 30 m dengan diameter 60 cm. Kulit batangnya berwarna cokelat abu-abu. Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun salam adalah minyak esensial, ekstrak etanol, ekstrak metanol, flavonoida, tannin, dan juga minyak astiri. Selain digunakan sebagai bahan masakan, daun salam juga memiliki berbagai macam manfaat. Beberapa manfaat daun salam yang biasanya digunakan dalam dunia kesehatan adalah sebagai berikut :

Manfaat daun salam bagi kesehatan
Menurunkan Kolesterol
Bagi anda yang kebetulan memiliki masalah dengan kelebihan kadar kolesterol, ada baiknya anda mencoba mengkonsumsi bahan rempah-rempah yang satu ini yakni daun salam. Manfaat daun salam sendiri sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan, daun salam juga bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya sangat mudah yakni sediakan 10 hingga 15 lembar daun salam yang masih segar. Kemudian cuci hingga bersih lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa kurang lebih 1 gelas saja. Setelah itu dinginkan dan saring air rebusan daun salam lalu minum sekaligus ketika malam hari. Lakukan secara rutin, dengan demikian kadar kolesterol akan berkurang secara perlahan.

Mengobati Kencing Manis
Manfaat daun salam yang ke dua adalah dapat digunakan untuk mengobati penyakit kencing manis. Caranya juga sangat mudah yakni cukup dengan menyiapkan 7 sampai 15 lembar daun salam segar, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Lalu dinginkan dan saring. Minum dua kali sehari agar hasil yang diperoleh lebih maksimal. Selain meminum air godokan daun salam ini, ada baiknya jika anda juga menjaga pola makan dan makan makanan yang sehat. Dengan demikian hasilnya akan lebih maksimal.

Mengobati Maag
Manfaat daun salam yang berikutnya adalah dapat digunakan sebagai obat sakit maag akut. Untuk anda yang memiliki penyakit maag yang sudah parah, anda bisa mencoba terapi yang satu ini. caranya adalah dengan menyiapkan 10 sampai 20 lembar daun salam segar, kemudian rebus dengan setengah liter air sampai mendidih dengan waktu kurang lebih lima belas menit. Kemudian tambahkan gula aren secukupnya. Setelah dingin, minum secara rutin hingga rasa perih di perut mulai mereda dan menghilang.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Manfaat daun salam yang ke empat adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan di dalam tubuh. Kandungan mineral dan juga vitamin di dalamnya dapat membantu memperlancar pencernaan serta dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan lain sebagainya. Caranya sangat mudah, yakni dengan merebus beberapa lembar daun salam yang dicampur dengan sedikit garam. Setelah air rebusannya dingin, minumlah dan lakukan terapi ini secara teratur hingga masalah pencernaan anda berkurang.

--------------------------------------------------------------------------

 
Daun Binahong (Bassela Rubra Linn)

 15 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Manfaat daun binahong mungkin tak banyak diketahui oleh masyarakat kita. Bahkan, ada saja yang belum mengetahui jenis daun ini. Binahong dengan nama ilmiah Bassela rubra linn ini merupakan salah satu jenis tanaman obat. Tanaman ini memiliki banyak khasiat baik untuk mengobati penyakit ringan ataupun penyakit kronis yang berat. Tanaman ini sendiri sebenarnya sudah terdapat di negara Indonesia sejak lama, akan tetapi penggunaannya sebagai tanaman obat baru-baru ini diketahui masyarakat kita. Daun binahong sendiri pasalnya berasal dari negeri Korea. Ada banyak manfaat daun binahong bagi kesehatan yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk melawan berbagai macam penyakit.

Masyarakat China sendiri sebenarnya mengenal daun binahong ini dengan sebutan Deng San Chi. Bahkan sejak zaman dulu, binahong sudah dikonsumsi oleh para tentara di negara Vietnam saat perang melawan tentara Amerika. Bagi Anda yang belum mengetahui, apa saja manfaat daun binahong maka kami akan bagikan informasinya untuk Anda sebagai berikut ini:

Daun binahong memiliki banyak kandungan yang berkhasiat mengobati penyakit radang usus. Tanaman obat ini juga pasalnya dapat mengobati berbagai jenis luka dalam.
Bagi Anda yang sudah melakukan operasi dan ingin menyembuhkan bekas lukanya dengan cepat, maka Anda bisa memanfaatkan khasiat daun binahong untuk penyembuhan luka operasi ini. Selain itu, binahong juga bermanfaat untuk mengobati pendarahan atau luka saat dikhitan.
Tanaman obat binahong berfungsi melancarkan sirkulasi darah sehingga gangguan terhambatnya peredaran darah bisa teratasi dengan menggunakan daun binahong ini.
Bagi Anda yang memiliki gangguan tekanan darah tinggi, maka Anda bisa mengkonsumsi daun binahong untuk menstabilkan tekanan darah agar kembali normal.
Kandungan yang terdapat pada binahong, juga menjadikan manfaat daun binahong sebagai salah satu pengobatan stroke secara tradisional.
Daun binahong juga bisa mengobati penyakit yang paling ditakuti semua orang di dunia, yakni tumor dan kanker. Untuk itu, Anda tak perlu khawatir cukup mengkonsumsi daun binahong dengan takaran yang tepat agar mendapatkan khasiatnya.
Bagi penderita reumatik yang umumnya menyerang orang di usia lanjut, Anda bisa memanfaatkan tanaman obat ini. Karena manfaat daun binahong yang berasal dari kandungannya berfungsi untuk menyembuhkan dan mencegah terjadinya sakit persendian dan reumatik.
Untuk mencegah terjadinya batu ginjal, Anda bisa menggunakan manfaat dari daun binahong karena bisa melancarkan metabolisme tubuh dan mencegah penyakit ginjal.
Kandungan daun binahong juga bisa melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga bisa mencegah dan mengobati terjadinya penyakit diabetes yang juga berkaitan dengan metabolisme tubuh.
Bagi Anda yang terkena sariawan, segera obati sariawan Anda dengan mengkonsumsi daun binahong. Karena salah satu manfaat daun binahong ini adalah untuk menyembuhkan sariawan baik di mulut ataupun di lidah.
Daun binahong juga dipercaya berkhasiat untuk mengobati gejala sakit perut atau pusing di kepala. Kedua penyakit ini merupakan penyakit yang umum ditemukan di masyarakat kita. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan daun binahong untuk menyembuhkannya.
Bagi Anda yang merasa tidak enak badan, atau merasakan pegal-pegal seluruh badan maka Anda bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan daun binahong. Karena khasiat binahong bisa memberikan efek menghangatkan tubuh serta mengatasi pegal-pegal pada tubuh.
Penyakit kolesterol merupakan sejenis penyakit yang umum di masyarakat akibat kelebihan lemak dalam tubuh, untuk itu Anda bisa memanfaatkan daun binahong untuk mengatasi kolesterol tinggi.
Binahong juga dipercaya dapat mengatasi sakit maag yang umum di masyarakat kita.
Selain mengobati penyakit-penyakit di atas, daun binahong juga berkhasiat menjaga vitalitas serta meningkatkan daya tahan tubuh. Bacar juga artikel sebelumnya tentang manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

-----------------------------------------------------------------------

Daun kumis kucing ( Epiphyllum anguliger)

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

Manfaat kumis kucing untuk mengobati berbagai macam penyakit memang tidak perlu diragukan lagi. Kumis kucing selama ini memang banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan obat tradisional. Keampuhannya dalam mengobati berbagai macam penyakit sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak orang yang telah membuktikannya. Sebagai tanaman obat, kumis kucing memiliki khasiat yang ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit kronis. Ini karena kumis kucing mengandung senyawa ataupun nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Manfaat kumis kucing untuk kesehatan sangat baik dalam mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan obat tradisional dari kumis kucing merupakan obat tradisional yang tidak memberikan efek samping. Hal ini sudah disepakati oleh pakar pengobatan tradisional. Kumis kucing tidak hanya dapat mengobati berbagai macam penyakit tetapi juga aman digunakan. Untuk kandungan yang ada dalam kumis kucing diantaranya yaitu atsiri, saponin, sinensetin, sapofonin, kalium dan zat samak. Lalu, apa saja manfaat kumis kucing yang baik untuk kesehatan?

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dari daun kumis kucing, simak ulasan berikut ini. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh obat tradisional kumis kucing:

Batu ginjal
Manfaat kumis kucing yang pertama yaitu dapat mengobati penyakit batu ginjal. Cara pembuatan obat tradisional dari kumis kucing yaitu dengan merebus 20 lembar daun kumis kucing yang telah dicuci bersih. Rebus menggunakan 5 gelas air putih. Tambahkan juga 5 lembar daun keji beling. Rebus sampai air yang tersisa tinggal 2 gelas. Minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari, dengan dosis sekali minum 1 gelas.

Diabetes
Manfaat lain kumis kucing yaitu untuk mengobati penyakit diabetes. Manfaat kumis kucing untuk diabetes ini cukup ampuh. Cara membuat ramuan kumis kucing yaitu dengan merebus 15 lembar daun kumis kucing menggunakan 2 gelas air. Tunggu sampai air yang tersisa tinggal 1 gelas saja. Diamkan hingga dingin, saring dan minum airnya dalam sekali minum. Minum ramuan ini setiap hari secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Keputihan
Manfaat kumis kucing lainnya yaitu dapat mengatasi masalah keputihan bagi kaum wanita. Caranya yaitu dengan merebus segenggam daun kumis kucing yang dicampur dengan daun beluntas. Tambahkan juga jintan hitam sebanyak 1 sendok teh dan juga kemukus 10 biji. Rebus menggunakan air secukupnya hingga mendidih, minum secara rutin setiap hari 1 kali minum.

Sakit pinggang
Sakit pinggang juga dapat diobati menggunakan daun kumis kucing. Cara membuat obat tradisional sakit pinggang ini yaitu dengan merebus 7 lembar daun kumis kucing. Tambahkan 2 akar kumis kucing setelah dicuci hingga bersih. Rebus kedua bahan tersebut menggunakan 1 gelas air. Setelah mendidih, minum obat tradisional tersebut 2 kali dalam sehari. Minum secara rutin setiap harinya untuk memperoleh manfaat kumis kucing ini secara maksimal.

Masuk angin
Untuk mengobati masuk angin, Anda dapat merebus daun kumis kucing segenggam. Rebuslah menggunakan 1 gelas air, tunggu sampai mendidih. Angkat kemudian tunggu sampai dingin. Setelah dingin Anda baru dapat meminumnya sampai habis.

Selain itu, obat tradisional kumis kucing juga dapat memperlancar pengeluaran air kemih. Manfaat kumis kucing bagi kesehatan memang sangat luar biasa dan tidak boleh Anda sia-siakan.

------------------------------------------------------------------

 
Daun sirih (Pipper betle)

anfaat Daun Sirih Sebagai Obat Tradisonal

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia dengan cara tumbuh dengan merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya masyarakat Indonesia pun daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara dikunyah serta ditambahkan gambir, pinang dan kapur. Di Indonesia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau. Masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka). Manfaat daun sirih dalam kehidupan dan berbagai upacara adat dalam rumpun Melayu.

Manfaat Daun Sirih Untuk Penderita Diabetes Militus
Manfaat daun sirih sebagai upaya pencegahan diabetes militus. Diabetes militus termasuk penyakit ganas. Penyakit ini biasanya menimpa orang-orang yang sudah tidak dapat memproduksi insulin sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan insulin, menyebabkan kadar sukrosa dalam tubuh kurang sehingga tidak dapat diproses secara maksimal. Penyakit ini biasanya ditandai dengan mudah lapar dan haus, sering ke kamar mandi, proses penyembuhan luka lama. Dalam pengobatannya suntik insulin adalah pilihan para penderita diabetes militus yang paling populer. Padahal cara ini belum tentu efektif dan memakan biaya yang cukup besar. Sementara obat-obat herbal seperti daun sirih dapat dimanfaatkan sebagai ganti suntik insulin.

Daun sirih mengandung senyawa-senyawa tannin, alkaloid, saponin dan flavonoid. Aktivitas dari senyawa-senyawa ini dapat membantu kadar glukosa dalam darah. Kandungan dark tannin dan saponin berperan untuk memerangi virus dan bakteri. Ekstrak daun sirih sangat aman untuk konsumsi walau jangka panjang sekalipun. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih, bisa dilakukan dengan cara : cuci sampai bersih daun sirih 200 g, masak dengan air rebus 1 liter air, lalu rebus hingga benar-benar mendidih sehingga tertinggal hanya 100 ml air rebusan sirih, saring dan minumlah air ini sebagai pengobatan untuk diabetes militus.

Manfaat Daun Sirih Untuk Gangguan Keputihan Dan Menghilangkan Jerawat
Dengan manfaat daun sirih yang sangat banyak sekali, membuat tanaman ini menjadi tanaman herbal yang paling diminati dan dijadikan sebagai pelengkap sebagai pengobatan tradisional. Tanaman sirih memiliki 2 jenis yaitu sirih hijau dan sirih merah. Dari kedua varian sirih ini, yang paling manjur dijadikan obat adalah jenis sirih merah dibandingkan dengan sirih hijau, lebih-lebih bila pemanfaatan daun sirih digunakan sebagai obat / terapi mengatasi keputihan. Keputihan adalah gangguan yang hanya dialami oleh wanita saja, keputihan di tandai dengan keluarnya cairan bening keputihan yang berbau kurang sedap di daerah kewanitaannya. Hal ini tentu sangat mengganggu kaum wanita dalam beraktifitas.

Anda kaum wanita dapat membuat ramuan tradisional untuk mengatasi hal seperti dengan menggunakan daun sirih. Manfaat daun sirih yang mengandung anti septik ini dapat membantu. Caranya adalah sebagai berikut : rebuslah air, tambahkan beberapa lembar daun sirih, kemudian air rebusan ini gunakan untuk membersihkan daerah intim anda, lakukanlah hal ini setiap hari dan berulang-ulang sampai nampak hasilnya. Jika anda berniat untuk sekalian mengatasi masalah dengan jerawat, daun sirih juga dapat digunakan.

Dibandingkan dengan produk-produk kecantikan yang ada sekarang, manfaat daun sirih lebih ampuh untuk menghilangkan masalah jerawat. Jerawat adalah masalah terbesar yang dihadapi terutama para remaja lebih-lebih yang wanita. Jerawat ini menyebabkan rasa kurang percaya diri dan minder. Antiseptik yang terkandung dalam daun sirih dapat mencegah peradangan dan mempercepat mengempeskan jerawat, bahkan tidak menimbulkan bekas noda, caranya adalah dengan merebus air yang telah diisi oleh daun sirih yang telah dicuci bersih. Lalu basuhkan ke muka dua kali sehari secara rutin, lakukan sampai hasilnya nampak.


--------------------------------------------------------------
 
Daun waru (Hibiscus tiliaceus)


Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan dan Obat Herbal

Selain bermanfaat untuk rambut, daun waru juga berkhasiat sebagai obat tradisional.

Waru merupakan tanaman yang tumbuh liar di Indonesia. Di daerah perkampungan, daun waru sering dijadikan pembungkus makanan, terutama pada saat hajatan. Namun ternyata manfaat daun waru bukan cuma sebatas itu. Berdasarkan hasil penelitian dan resep turun temurun, daun waru bisa dijadikan sebagai obat tradisional juga menyuburkan rambut.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN

Bagian yang digunakan adalah daun, akar, dan bunga.

INDIKASI

Daun waru digunakan untuk pengobatan : TB paru-paru, batuk, sesak napas, Radang amandel (tonsilitis), Demam,
Berak darah dan lendir pada anak, muntah darah, Radang usus, Bisul, abses, Keracunan singkong, Penyubur rambut, mengatasi rambut rontok, danmenjaga kesehatan rambut.

Akar digunakan untuk mengatasi : terlambat haid, demam.

Bunga digunakan untuk pengobatan : radang mata.

CARA PEMAKAIAN

Untuk obat yang diminum, gunakan daun segar sebanyak 50-100 g atau 15-30 g bunga. Rebus dan air rebusannya diminum.

Untuk pemakaian luar, giling daun waru segar secukupnya sampai halus. Turapkan ramuan ini pada kelainan kulit, seperti bisul atau gosokkan pada kulit kepala untuk mencegah kerontokan rambut dan sebagai penyubur rambut.

CARA PENGOBATAN:

TB Paru
1.Potong-potong 1 genggam daun waru segar, lalu cuci seperlunya. Tambahkan 3 gelas minum air bersih, lalu rebus sampai airnya tersisa sekitar 3/4-nya. Setelah dingin, saring dan tambahkan air gula ke dalam air saringannya, lalu minum, sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas minum.
2.Sediakan daun waru, pegagan (Centella asiatica L.), dan daun legundi (Vitex trifolia L.) (masing-masing 1/2 genggam), 1/2 jari bidara upas (Merremia mammosa Lour.), 1 jari rimpang kencur (Kaempferia galanga L.), dan 3 jari gula enau. Cuci semua bahan-bahan tersebut, lalu potong-potong seperlunya. Masukkan ke dalam periuk tanah atau panci email. Masukkan 3 gelas minum air bersih, lalu rebus sampai airnya tersisa 3/4nya. Setelah dingin, saring dan air saringannya siap untuk diminum, sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Batuk
Cuci 10 lembar daun waru segar, lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas minum air bersih, lalu rebus sampai airnya tersisa 3/4 bagian. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum, sehari 3 kali, masing-masing 1/3 bagian. Sebelum diminum, tambahkan madu secukupnya.

Batuk berdahak
Cuci 10 lembar daun waru yang masih muda sampai bersih, lalu tambahkan gula batu seukuran telur burung merpati. Tambahkan 3 gelas air bersih, lalu rebus sampai airnya tersisa 3/4 bagian. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum, sehari 3 kali minum, masing-masing 1/3 bagian.

Radang amandel
Cuci 1 genggam daun waru segar, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya digunakan untuk berkumur (gargle), terus diminum, sehari 3-4 kali, setiap kali cukup seteguk.

Radang usus
Makan daun waru muda yang masih kuncup sebagai lalap.

Berak darah dan lendir pada anak
Cuci 7 lembar daun waru muda (yang masih kuncup) sampai bersih. Tambahkan 1/2 cangkir air sambil diremas-remas sampai airnya mengental seperti selai. Tambahkan gula aren sebesar kacang tanah sambil diaduk sampai larut. Peras dan saring menggunakan sepotong kain halus. Minum air saringan sekaligus.

Muntah darah
Cuci 10 lembar daun waru segar sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan 1 cangkir air minum sambil diremas-remas. Selanjutnya, saring dan tambahkan air gula secukupnya ke dalam air saringannya, lalu minum sekaligus.

Rambut rontok
Cuci 301embar daun waru segar dan 20 daun randu segar ( Ceiba pentandra Gaertn.), lalu giling sampai halus. Tambahkan 2 sendok makan minyak jarak dan air perasan 1 buah jeruk nipis, sambil diaduk sampai rata. Saring ramuan tersebut menggunakan sepotong kain sambil diperas. Gunakan air perasannya untuk menggosok kulit kepala sambil dipijat ringan. Lakukan sore hari setelah mandi, lalu bungkus rambut dengan handuk atau sepotong kain. Selanjutnya, cuci rambut keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

Penyubur rambut
Cuci 15 lembar daun waru muda, lalu remas-remas dalam 1 gelas air bersih sampai airnya seperti selai. Selanjutnya, peras dan saring menggunakan sepotong kain. Embunkan cairan yang terkumpul selama semalam. Keesokan paginya, gunakan cairan tersebut untuk membasahi rambut dan kulit kepala. Alhasil, kepala menjadi sejuk dan rambut akan tumbuh lebih subur.

--------------------------------------------------------------------

 
Daun sembung (Gynura procumben)

 Manfaat Daun Sembung untuk Obat

Bagaimana bentuk daun sembung itu sendiri? Tanaman perdu ini biasanya tumbuh hingga mencapai tinggi 4 m. Tegak lurus dan mempunyai rambut halus. Daun di bagian bawah tanaman ini bertangkai, sementara bagian atasnya berseling-seling daun yang merunduk dengan bentuk bundar seperti telur dan lonjong. Bagian pangkal daun dan ujungnya lancip, pinggirannya bergerigi. Pada tangkai daunnya sendiri biasanya terdapat dua sampai 3 daun tambahan. Bagian atas permukaan daunnya sedikit kasar, tetapi bagian bawahnya halus bagai beludru. Sembung mempunyai bunga berwarna kuning yang muncul di pucuk cabangnya.

Bagian tanaman sembung yang biasanya digunakan untuk pengobatan adalah bagian akar dan daun, baik dalam keadaan segar atau saat sudah kering. Kandungan senyawa kimia di dalam daun sembung adalah limonene, cineole, borneol, glukosida, dimethyl ether phloroacetophenone, asam palmitin, alkohol sesquiterpen, minyak siri dan juga zat yang bergetah yang digunakan untuk kapur barus. Khasiatnya? Sebagai penambah nafsu makan, obat sakit perut, pengencer darah, obat batuk, pereda nyeri haid, dan juga luka luar seperti gatal-gatal dan bisul. Untuk penyakit paru-paru seperti bronkhitis pun, daun sembung sangat berguna sebagai obat.

Daun sembung sebagai obat diare

Kegunaan yang paling sering dimanfaatkan dari daun sembung adalah khasiatnya dalam membantu masalah pencernaan. Jika seseorang mempunyai masalah sakit perut atau diare, inilah yang harus dilakukan:

Ambil segenggam daun sembung, cuci dengan air bersih. Potong menjadi beberapa bagian kecil. Rebus irisan daun dengan 3 gelas air hingga hanya tersisa setengahnya. Tambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit. Biasanya ramuan ini diminum tiga kali sehari, dengan porsi 2 ½ gelas setiap kali minum.

Daun sembung sebagai obat flu serta batuk

Seperti telah disebutkan di awal, daun sembung sangat berkhasiat saat seseorang sedang mengalami flu dan juga batuk. Untuk menyembuhkan penyakit ini, silakan simak tata cara berikut:

Sediakan ¼ genggam daun sembung, Pulo sari sebesar satu jemari, Setengah sendok adas, ¼ genggam kayu angin, 1/3 genggam daun bayam duri. Cuci semua bahan dengan air bersih. Rebus bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa separuh. Ramuan ini sebaiknya diminum secara rutin di pagi dan sore hari sampai benar-benar sembuh.

Daun sembung sebagai pereda nyeri haid

Bagi wanita yang sedang kedatangan tamu bulanan, nyeri yang terasa kadang tidak tertahankan. Daun sembung bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

5 helai daun sembung,
5 biji kedaung,
Semua dipanggang dan lalu dihaluskan,
Rebus dengan air bersih sebanyak 2 gelas,
Diamkan hingga tersisa 1 gelas,
Saring dan ambil air hasil rebusan.
Ramuan ini baik diminum setelah sudah dingin. Niscaya nyeri haid akan mereda.

Daun sembung sebagai perangsang nafsu makan

Saat Anda merasa tidak mempunyai nafsu makan, daun sembung pun bisa membantu. Berikut cara-caranya:

Siapkan 6 lembar daun sembung,
Rebus di air sebanyak 2 gelas,
Diamkan hingga yang tersisa adalah 1 ½ gelas,
Saring dan ambil air rebusan.
Ramuan ini bisa diminum setiap hari, pagi dan sore. Jika dirasa terlalu pahit, Anda bisa menambahkan sedikit madu di dalamnya.

Akar sembung sebagai obat rematik sendi

Bukan cuma daunnya, bagian akarnya juga bermanfaat sebagai obat tradisional. Saat terkena nyeri di sendi karena rematik, akar sembung berkhasiat untuk mengobatinya. Caranya adalah:

Sediakan akar sembung sebanyak 30 gram,
Sediakan juga 60 gram daun gandarusa,
Cuci bersih kedua bahan tersebut,
Rebus dengan air sebanyak tiga gelas,
Biarkan sampai sisa air rebusan hanya satu gelas.
Saring dan ambil air hasil rebusan.
Ramuan obat ini sebaiknya diminum sebanyak dua kali dalam sehari. Minumlah sebanyak sekitar 2 ½ gelas.


--------------------------------------------------------------------------------
 
Daun bawang (Allium fistulosum L.)


Manfaat Daun Bawang – Anda pasti sudah sering melihat daun bawang di kulkas atau dapur rumah Anda. Daun ini sering digunakan sebagai penyedap masakan. Seperti yang Anda ketahui, daun bawang memiliki bentuk yang berbeda dari tumbuhan pada umumnya, ia memiliki bentuk menyerupai batang namun bertekstur sangat lunak. Ternyata terdapat 2 jenis daun yang bisa Anda temui yaitu daun bawang semprong atau bakung, dalam bahasa latin, ia sering disebut sebagai allium fistulosum. Jenis daun bawang yang kedua ialah leek atau prei dalam bahasa latin ia mempunyai sebutan allium porrum. Keduanya mempunyai ciri yang sangat berbeda. Untuk daun bawang semprong ia memiliki umbi kecil, daunnya bulat dan panjang, bawang semprong ini juga mempunyai lubang seperti pipa. Sedangkan untuk leek, ia tidak memiliki umbi.


Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan
Sejak awal, manfaat daun bawang memang sudah terkenal. Selain daun bawang digunakan untuk menyedapkan masakan, ternyata daun bawang juga memiliki fungsi sebagai obat. Lantas seperti apa khasiat dan manfaat dari daun bawang ini?

Pencegah anemia

Daun bawang memiliki kandungan zat besi yang dapat meningkatkan produksi darah yang berada di dalam tubuh. Bila Anda mengalami kekurangan darah, Anda bisa mencoba mengkonsumsi daun bawang ini. Kandungan ferroportin di daun bawang inilah yang menyimpan zat besi. Saat pengonsumsian, Anda dapat menambahkannya di dalam sup.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat utama yang bisa Anda rasakan Dari daun bawang, ia mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagian bawah bawang yang memiliki warna putih mempunyai kandungan allicin. Allicin ini adalah senyawa belerang yang memberi aroma tajam di daun bawang. Senyawa ini yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baik bagi jantung

Daun bawang sangat terkenal untuk menyehatkan jantung. Ia mengandung polysulfides yang akan melindungi Anda karena penyakit jantung. Sayuran ini mempunyai beragam manfaat dikarenakan ia mengandung banyak sekali mineral. Mineral yang berada di dalamnya memiliki fungsi mempertahankan HDL atau kadar kolesterol baik di tubuh. Mineral lain juga akan ada untuk membuat jantung lebih sehat.

Menjaga kekuatan tulang

Vitamin K, ternyata juga terdapat di daun bawang. Vitamin K ini sangat penting demi menjaga kesehatan tulang, ia dapat membantu regulasi sel, dan membantu mencegah demineralisasi di tulang. Ini juga membantu karena adanya produksi protein yang sering disebut osteocalcin, yang begitu penting sebagai penjaga kepadatan mineral dalam tulang agar tidak mudah terjadi berbagai macam penyakit di tulang.

Menyehatkan pencernaan

Mengapa daun bawang bisa menyehatkan pencernaan? Hal ini dikarenakan kandungan serat yang begitu baik di dalam daun bawang. Seperti yang kita ketahui, serat memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit. Jadi, ketika Anda mengalami sembelit, Anda bisa mengkonsumsi daun bawang sedikit lebih banyak.

Baca juga artikel berikut ini: Manfaat Bawang Merah untuk Rambut.

Mencegah diabetes

Daun bawang memiliki kandungan phyto-kimia, phyto-kimia ini adalah allium serta alil disulfida, ia mempunyai sifat pencegah diabetes. Zat yang satu ini sangat ampuh untuk mencegah degradasi insulin di tubuh serta meningkatkan metabolisme glukosa. Oleh sebab itu, tidak ada larangan khusus bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi daun bawang.

Baca juga artikel ini: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan.

Anti bakteri

Tahukah Anda kandungan dari warna hijau yang berada di daun bawang? Ternyata warna hijau ini mempunyai kandungan anti bakteri serta anti peradangan, dan untuk bagian putih di daun bawang, ia mempunyai sifat untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi yang sering menyerang tubuh.

--------------------------------------------------------------------------

 
Daun katuk ( Sauropus androgynus.)

Bagi para ibu, daun katuk merupakan tanaman yang sudah sering didengar. Ibu-ibu hamil dan yang sedang menyusui anak bayinya, sering direkomendasikan untuk mengonsumsi daun katuk. Tanaman ini dipercaya bisa melancarkan ASI (Air Susu Ibu) yang menjadi makanan pokok sang bayi. Selain berguna bagi para ibu, daun katuk juga sering digunakan untuk menyayur. Dibuat sayur bening atau dioseng-oseng, daun katuk adalah bahan makanan sehat yang juga enak. Tetapi apakah hanya sebatas itu kegunaan daun katuk sendiri?

Mungkin sedikit ironis bahwa meskipun daun katuk sudah sering didengar, masih banyak orang yang tidak mengetahui apa sebenarnya daun katuk itu. Daun Katuk mempunyai nama ilmiah Sauropus androgynus. Tumbuhan ini banyak tersebar di Asia Tenggara. Biasanya daun katuk tumbuh di dataran rendah dan mudah ditanam untuk dijadikan pagar hidup.

Di Vietnam, katuk dikenal dengan nama rau ngót, sementara orang Tionghoa menyebutnya mani cai. Di Jawa, daun katuk disebut kebing dan katukan, di Melayu katuk adalah memata, di Minangkabau, orang menyebutnya Simani, sementara di Madura, istilah kerakur lebih dikenal.

Daun katuk termasuk dalam tanaman perdu. Jika tumbuh, tingginya bisa mencapai hingga 2 sampai 3 m. Daunnya tumbuh berselang-seling di satu tangkai. Bentuknya daunnya lonjong meruncing, tulang daunnya menyirip, tepian daun rata, dan pangkalnya tumpul. Warna daun sangat hijau ketika muda, namun menjadi cokelat kehijauan ketika sudah tua. Daun katuk mempunyai bunga yang berwarna ungu.

Kandungan Nutrisi Pada Daun Katuk
Di dalam daun katuk terdapat banyak kandungan zat-zat yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Nutrisi yang terdapat di dalam daun katuk antara lain adalah vitamin A, B, dan C, lemak, protein, kalsium, zat besi, dan fosfor. Peneliti menduga bahwa kandungan kimia yang dikandung katuk, yaitu sterol yang mempunyai sifat estrogenik, memberikan efek hormonal yang memicu produksi ASI sehingga menjadi lebih banyak. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa daun katuk mengandung efedrin yang sangat efektif untuk mengobati influenza.

Manfaat Daun Katuk
Kita telah mengetahui bahwa daun katuk terutama sangat berguna bagi produksi ASI. Namun, melihat betapa banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, tentu sekedar meningkatkan ASI tidak hanya menjadi satu-satunya kegunaan daun katuk. Berikut ini adalah beberapa kegunaan daun katuk yang lain:

Melancarkan ASI
Membersihkan darah kotor pada organ reproduksi wanita
Menyembuhkan demam, borok, dan bisul
Mengobati frambusia atau infeksi kulit
Menyembuhkan sembelit
Mencegah osteoporosis
Mengobati influenza
Menambah produksi sperma
Meningkatkan imunitas tubuh
Membantu daya penglihatan
Ternyata daun katuk memang mempunyai kegunaan yang sangat banyak. Semua orang bisa memanfaatkan tanaman ini, tidak hanya para ibu.

Manfaat daun katuk bagi pasangan suami-istri

Seperti yang telah kita ketahui di atas, daun katuk mempunyai senyawa kimia. Senyawa ini, yang disebut fitokimia mempunyai khasiat obat. Terdapat tujuh senyawa kimia di dalamnya yang merangsang pertumbuhan hormon steroid (progesteron, testosteron, estradiol, dan glukokortiroid) dan senyawa eikosanoid. Jika wanita mengonsumsi nya, maka senyawa aktif tersebut akan merangsang hormon kewanitaan. Kulit menjadi halus dan rambut menjadi sehat serta lembut. Bagi pria, senyawa tersebut merangsang hormon keperkasaan sehingga vitalitas semakin tinggi.

Bagi pasangan suami-istri, mempunyai keturunan adalah anugerah yang sangat besar. Namun tidak jarang setelah bertahun-tahun menikah, masih saja mereka tidak dikaruniai keturunan. Mengonsumsi daun katuk sangat disarankan bagi pasutri yang ingin segera mempunyai anak, terutama bagi pria. Dengan memakan daun katuk secara rutin, produksi sperma akan semakin meningkat, demikian juga dengan kualitasnya.

Ternyata bukan cuma daunnya yang bermanfaat, tetapi akarnya juga. Orang-orang jaman dahulu sering memanfaatkan akar daun katuk sebagai obat tradisional untuk mengatasi demam dan anyang-anyangan.

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat Daun Kelor dan Kandungan Nutrisinya
Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan
Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan
Hal yang harus diperhatikan dalam mengolah daun katuk

Saat memasak daun katuk, tidak ada hal yang terlalu khusus karena cara mengolahnya mirip dengan sayur-sayuran hijau yang lain, walaupun bagi beberapa orang, rasa daun katuk tidaklah senikmat rasa sayur hijau lain yang lebih umum seperti bayam. Tetapi tetap saja ada hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah lamanya memasak. Daun katuk yang dimasak terlalu lama kualitasnya akan menurun karena nutrisinya mengalir keluar. Menggoreng daun katuk juga tidak terlalu disarankan. Namun menambahkan santan saat memasaknya adalah cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan manfaat daun katuk karena pro vitamin A di dalamnya akan bereaksi menjadi vitamin A.

Efek samping dari daun katuk
Meskipun daun katuk merupakan tanaman yang sangat bermanfaat, kita tetap harus berhati-hati karena ternyata mengonsumsi daun katuk secara berlebihan mempunyai efek samping yang tidak menyenangkan. Karena di dalam daun katuk terdapat papaverina, yaitu suatu alkaloid yang juga terdapat di dalam candu atau opium, konsumsi berlebihan akan mengakibatkan keracunan. Selain itu kelebihan konsumsi katuk akan berdampak buruk pada paru-paru yang berakibat pada penyakit bronkiolitis permanen.

Selain kedua hal tersebut, penelitian yang dilakukan di Taiwan menyebutkan bahwa konsumsi daun katuk mentah secara terus-menerus sebanyak 150mg setiap harinya, yang merupakan jumlah cukup banyak, selama dua minggu hingga tujuh bulan akan mengakibatkan sesak nafas, hilang nafsu makan, dan sulit tidur.

Karena efek-efek samping tersebutlah, membatasi konsumsi daun katuk sangat dianjurkan. Konsumsi daun katuk secara mentah juga tidak disarankan. Akan lebih baik jika katuk direbus dahulu sebelum dikonsumsi karena pemanasan dapat menghilangkan sifat anti-protozoa. Jika sudah demikian, racun yang ada di dalam daun katuk dapat dikurangi atau bahkan hilang sama sekali.


--------------------------------------------------------------------
 
Daun bayam (Spinacia oleracea L)

Siapa yang tidak mengetahui tentang daun bayam? Sedari kecil kita bisa melihat acara kartun di televisi yang memperlihatkan betapa berkhasiatnya daun bayam itu. Dengan memakan bayam kita menjadi kuat dan bertenaga karena zat besi dan berbagai vitamin serta mineral yang terkandung di dalamnya. Orangtua kita pun pasti sudah sering memasak daun bayam bagi anak-anaknya, baik dibuat sup maupun di tumis. Dimana-mana, bayam selalu dipromosikan sebagai makanan kesehatan alamiah yang bernutrisi tinggi.

Bayam telah dikenal di seantero Indonesia dan juga dunia. Tanaman ini sebenarnya berasal dari daerah tropik di benua Amerika, namun, seperti yang telah kita lihat sekarang, tanaman ini telah tersebar di seluruh dunia. Uniknya, daun bayam yang dimanfaatkan sebagai sayur biasanya hanya terjadi di daerah Asia Tenggara dan Asia Timur. Bentuk tanaman bayam tegak, walau ada beberapa yang sedikit miring. Biasanya tingginya mencapai 80-150 cm. Batangnya kecil dan berair.

Tahukah Anda bahwa bayam bisa dikategorikan menjadi dua jenis? Bayam, yang secara ilmiahnya termasuk dalam genus Amaranthus, dibedakan menjadi jenis bayam cabut dan bayam petik. Apa bedanya? Yang pertama adalah, bayam cabut berumur lebih pendek daripada bayam petik. Daun bayam cabut sendiri lebih kecil dan biasa dicabut sampai ke akar-akarnya. Bayam inilah yang biasanya digunakan untuk dibuat sup. Sementara bayam petik tanamannya tinggi tegak dengan ukuran daun yang lebih lebar, sehingga biasanya dipakai dalam masakan seperti gado-gado, urap, dan lalapan.

Jenis Spesies Tanaman Bayam
Selain dua kategori di atas, tanaman bayam sendiri sebenarnya mempunyai banyak spesies. Berikut adalah beberapa spesies-spesies bayam yang dikenal:

Amaranthus hybridus, yang biasa digunakan sebagai bayam petik
A. tricolor, biasanya bayam cabut berasal dari jenis ini
A. spinosus, atau dikenal sebagai bayam duri
A. blitum, yaitu bayam kotok
A. caudatus, digunakan sebagai tanaman hias karena bunganya yang cantik berwarna merah panjang.

Ternyata daun bayam mempunyai banyak spesies yang beragam dengan fungsinya masing-masing. Tidak kurang dari 60 varietas bayam yang telah dikenal, sebagian bahkan tidak dapat dikonsumsi.

Kandungan nutrisi daun bayam
Kita umumnya telah mengetahui bahwa bayam mengandung zat besi tinggi dan sangat baik bagi kesehatan. Namun, bayam tidak melulu hanya mengandung zat besi. Ada alasan yang sangat bagus kenapa orang-orang secara turun-temurun memberikan masakan bayam pada anak-anaknya, yaitu karena bayam mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Inilah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam bayam, diantaranya:

Zat besi
Vitamin A
Vitamin K
Klorofil (antioksidan)
Mangan
Magnesium
Asam Folat
Serat
Protein
Kalsium
Karbohidrat
Masih banyak lagi kandungan nutrisi yang terkandung di dalam daun bayam. Tidak salah jika daun bayam menjadi pilihan makanan sehat.

Manfaat Daun Bayam untuk Kesehatan
Bagian bayam yang biasanya bisa kita manfaatkan adalah daun dan akarnya. Namun jika digunakan sebagai ramuan obat, disarankan untuk merebus daun bayam sebentar saja. Ini untuk mencegah agar nutrisi dalam bayam tidak hilang. Berikut adalah manfaat dan khasiat dari daun bayam yang telah diketahui:

Manfaat daun bayam untuk penambah darah

Zat besi tinggi yang terkandung dalam bayam berguna untuk produksi sel darah merah. Tidak heran bayam direkomendasikan bagi penderita anemia dan wanita yang sedang mengalami haid. Berikut adalah cara meraciknya:

Daun bayam merah sebanyak 3 genggam,
Dicuci kemudian ditumbuk halus,
Tambah air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan,
Tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan,
Tambahkan 1 butir telur ayam kampung.
Setelah semua bahan diaduk rata, ramuan tersebut bisa diminum setiap hari dalam kurun waktu satu minggu.

Daun bayam sebagai obat demam

Jika badan terasa panas dan meriang karena terserang demam, ramuan di bawah ini bisa dicoba:

Siapkan 2 daun bayam dan batangnya,
Siapkan satu butir telur ayam kampung (atau biasa, jika tidak ada),
Tumbuk semua bahan sampai halus,
Masukkan semua bahan ke dalam ember berisi air.
Setelah semua bahan direndam di dalam air, oleskan ramuan tersebut di bagian dahi dan jidat. Demam akan turun tidak lama setelahnya.

Daun bayam sebagai obat bronkitis dan gangguan pernapasan

Saat mengalami sakit paru-paru atau gangguan pernapasan lainnya, bayam ternyata sangat berguna untuk menyembuhkan. Simaklah cara pembuatan ramuan nya berikut ini:

Daun bayam, akar, dan bunga,
Tumbuk sampai halus,
Direbus dalam 1 liter air
Saring.
Air hasil rebusan tersebut mampu mengobati gangguan pernapasan yang dialami. Minumlah di saat air rebusan tersebut telah dingin. Waktu minum pada pagi dan sore setiap hari.

Bayam memang mempunyai manfaat yang sangat luar biasa. Bahkan semua hal di atas masih belum menyebutkan semua kegunaan tanaman yang satu ini. Seperti fakta bahwa bayam sangat berguna sebagai penambah ASI pada ibu-ibu yang sedang menyusui, atau bahwa bayam berguna bagi mereka yang mempunyai masalah kencing. Benar-benar tanaman sederhana yang mempunyai berjuta manfaat. Beberapa manfaat bayam sebagai sayuran untuk dikonsumsi yang lainnya adalah:

Melawan sel kanker
Memberikan penglihatan yang lebih baik
Antioksidan
Menurunkan tekanan darah
Menyehatkan jantung
Anti inflamasi
Mencegah diabetes
Meningkatkan daya ingat
Merangsang pertumbuhan anak
Menjaga sistem pencernaan
Menjaga kesehatan kulit
 

------------------------------------------------------------------
 
Saun ciplukan (Physalis angulata L.)

Daun Ciplukan

Nama Lain : Cecendet, kopok-kopokan, Ceplukan

Deskripsi : Tanaman perdu semusim, setinggi kurang lebih 1 meter. Berdaun tunggal, bulat telur dengan ujung runcing. Panjang daun 5—25 cm, lebar 2,5—18 cm. Warna daun hijau.

Khasiat : Obat sakit tenggorok, batuk rejan, gondongan, dan bisul

Kandungan : Daun mengandung asam klorogenat, kulit buah mengandung C27H44O-H2O1 dan di dalam bijinya ada elaidic acid

Cara : Untuk obat bisul, setengah genggam daun dicuci dan digiling halus. Tumbukan itu ditempelkan di bisul dan sekelilingnya. Sedang untuk penyakit lain tidak cukup daunnya saja, namun seluruh bagian tanaman sebanyak 9—15 gram direbus, dan airnya diminum

-----------------------------------------------------------
 
Daun Bakung (Crinum asiaticum)


Daun Bakung
Nama Lain : Semur, dausa, pete, fete-fete

Deskripsi : Herba, tinggi sekitar 1,5 m. Daun tunggal, lanset, panjang 32 – 120 cm, lebar 3 – 10 cm, tebal, tepi rata, pangkal daun tumpul dan ujung meruncing.
Khasiat : Peluruh keringat dan obat luka
Kandungan : Tiramin
Cara : Untuk obat luka, daun ditumbuk, dicampur madu dan dioleskan pada luka.

----------------------------------------------------------------------

 
Daun bayam Duri (Amaranthus spinosus)

Daun Bayam Duri
Nama Lain : Hayum keri, senggang cucuk, taruyak lakek

Deskripsi : Tanaman terna, berumur setahun, tinggi 0,4—1,5 m. Batang berduri. Daun tunggal, tersusun tersebar di sekeliling batang. Bentuk daun bulat telur memanjang, ujung dan pang-kalnya runcing. Daun berwarna hijau.
Khasiat : Obat radang saluran pernapasan, wasir, demam
Kandungan : Amarantin, rutin, kalium nitrat, piridoksin, zat besi, garam fosfat, vitamin A, C, dan K.
Cara : Seperempat genggam daun dicuci bersih, digiling dengan 3 sendok makan air masak dan garam sedikit. Lumatan ini diperas dan disaring. Cairan diminum sehari 2 kali.

----------------------------------------------------------
 
Daun cincau (Cyclea barbata)

Daun Cincau
Nama Lain : Camcao, Cingcau

Deskripsi : Tanaman terna membelit, tinggi sekitar 6 m. Daun tunggal, bentuk bulat perisai dengan ujung runcing, pangkal tumpul, dan tepi rata. Permukaan daun berbulu, pertulangan menyirip, dan warna hijau.

Khasiat : Obat radang lambung, tekanan darah tinggi, tifus dan demam
Kandungan : Polifenol, karbohidrat, saponin, flavonoida, dan lemak

Cara : Untuk obat radang lambung, 50 gram daun segar dicuci lalu ditumbuk sampai lumat. Tambahkan 4 gelas air matang, kemudian diremas-remas, diperas dan disaring. Diamkan sampai mengental dan tambahkan 5 diminum sehari 3 kali, pagi, siang, dan malam.

_____________________________________
 
Daun Jinten (Coleus amboinicus)

 Daun Jintan

Nama Lain : Ajiran, daun kambing, kutu etu, daun jinten
Deskripsi : Tanaman semak semusim, menjalar. Daun hijau muda, berdaging, bersifat mudah patah. Tepi daun beringgit Panjang 6,5—7 cm, lebar 5,5—6,5 cm
Khasiat : Obat sariawan, batuk, perut mulas, dan sakit gigi
Kandungan : Minyak asiri, saponin, flavonoid, dan polifenol
Cara : Tujuh lembar daun dicuci, dikunyah perlahan, dan cairannya ditelan

--------------------------------------------

Daun Encok (Plumbago zeylanica)
 Daun Encok

Nama Lain : Ki Encok, kareka, oporio

Deskripsi : Tanaman perdu tahunan, tinggi kurang lebih 2 m. Daun tunggal, tersusun berselang-seling di batang. Tepi rata, permukaan licin. Ukuran daun panjang 3—7 cm, lebar 2—3 cm. Warna hijau

Khasiat : Obat encok dan penihg

Kandungan: Saponin, flavonoid, dan polifenol.

Cara : Kurang lebih 15 gram daun segar ditambah satu sendok makan kapur ditumbuk hingga lumat, lalu dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit.

--------------------------------------------
 
Daun duduk (Desmodium triquetrum)

Daun Duduk

Nama Lain : Genteng cangkeng
Deskripsi : Perdu menahun yang tumbuh tegak setinggi 0,5—1 m. la juga bisa menjalar sepanjang 3 m, bila ada sesuatu yang dijalari. Daunnya tunggal, lonjong dengan ujung runcing, tersusun berseling pada batang. Panjang daun 10—12 cm, lebar 1,5—2 cm. Warnanya cokelat hingga hijau tua.

Khasiat : Obat wasir dan sakit pinggang

Kandungan : Asam kersik, kalium, dan tanin

Cara : Untuk obat wasir, daun lebih dahulu dikeringkan dan ditumbuk menjadi serbuk kasar. Serbuk sebanyak 15—20 gram diseduh dengan 300 cc air panas hingga arut, lalu diminum seluruhnya. Sehari cukup satu gelas.

------------------------------------------------------------------------
 
Daun Mengkudu (Morinda citrifolia)

 Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu untuk Pengobatan

Mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan beragam untuk mengkudu ini. Diantaranya Pace, Kemudu, Kudu (Jawa); Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali) dan masih banyak lagi. Buah mengkudu yang masih mentah biasanya digunakan untuk campuran rujak. Sementaranya buah yang masak digunakan untuk pengobatan.
Advertisement

Meskipun baunya sangat tidak sedap, namun buah mengkudu yang sudah masak di pohon memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Hal ini karena ada beberapa kandungan zat didalamnya, antara lain morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional disertai dengan contoh resep dan penggunaannya.

Khasiat Buah MengkuduMengatasi Hipertensi
Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.

Menyembuhkan Batuk
Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Obat Sakit Perut
Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut. Jika Anda atau keluarga terkena sakit perut, ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.

Mengobati Sakit Kuning
Bahan yang diperlukan adalah 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Demam, Masuk angin dan infuenza
Bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan sampai tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

Mengatasi kulit bersisik
Buah mengkudu yang sudah masak di pohon memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk kecantikan, buah mengkudu bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Dewasa ini, buah mengkudu sudah dijadikan ekstrak dan dijual dalam kemasan. Baik dalam bentuk sirup maupun jus. Oh, ya jus mengkudu ini dikenal juga dengan nama jus Noni.

--------------------------------------------------------------
 
Belimbing wuluh (Averrhoa Bilimbi L)

BELIMBING WULUH

memutihkan wajah dalam semalam dengan belimbing wuluh!!!!

Berikut step by step untuk membuat dan mengaplikasikan masker belimbing wuluh untuk mencerahkan wajah hanya dalam waktu semalam saja.
Siapkan:

10 buah belimbing wuluh
air hangat

Cara Membuat dan Aplikasi:

1. Cuci bersih belimbing wuluh.
2. Haluskan hingga lumat.
3. Tambahkan sedikit air hangat bila terlalu kental.
4. Bersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah.
5. Oleskan pada wajah.
6. Diamkan selama kurang lebih 10 menit.
7. Gosok kulit wajah agar sel-sel kulit mati hilang dan wajah jadi lebih cerah dalam semalam.

Waktu yang tepat untuk menggunakan masker ini adalah sebelum tidur. Kandungan flavonoid dalam masker belimbing wuluh akan membantu kulit mendapatkan kembali kondisi terbaiknya sehingga bisa tampil lebih cerah.

-----------------------------------------------------------------
 
Daun singkong (Manihot utilissima)








Manfaat Daun Singkong bagi Tubuh
Sebelum kita lihat khasiat daun singkong, mari kita ketahui dulu apa saja kandungan yang ada dalam singkong. Singkong mengandung vitamin A, Vitamin B17, Vitamin C, Kalsium, kalori, Fosfor, Protein, Lemak, hidrat arang, Zat besi.

1. Singkong bermanfaat untuk reumatik
Rematik bisa disembuhkan dengan daun singkong, baik pengobatan dalam atau luar, tetapi harus ditambahkan lagi dengan jahe dan kapur sirih.

2. Mengobati sakit kepala
Singkong juga bermanfaat untuk mengobati sakit kepala. Caranya yaitu dengan cara mengompresnya pada kepala. Tetapi sebelumnya di tumbuk dulu daun singkong hingga halus dan diterapkan pada kepala dengan cara dikompres

3. Manfaat daun singkong untuk diare
Bagi yang menderita diare bisa memanfaatkan daun singkong sebagai pengobatan alternatif. Ambil daun singkong dan rebus dengan air sebanyak 900 cc, rebus hingga tinggal setengahnya dan minum sehari dua kali.

4. Manfaat untuk mencerdaskan otak
Mungkin anda belum tahu kalau daun singkong bagus tidak hanya sebagai makanan tetapi bisa untuk mencerdaskan otak. Manfaat ini bisa didapatkan karena daun singkong mengandung aminonya, asam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan.

----------------------------------------------------------------



Daun sambiloto (Andrographis paniculata)

Manfaat daun sambiloto bagi kesehatan
Manfaat daun sambiloto bagi kesehatan - Daun sambiloto dalam bahasa latin disebut dengan nama Andrographis paniculata. Daun ini bisa tumbuh dimana saja di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Daun sambiloto mempunyai rasa khas yaitu rasa pahit. Rasa pahit ini berasal dari zat andrographolide yang berada pada daun sambiloto. Walau andrographolide terasa pahit tetapi bersifat melindungi hati. Efek negatif obat galaktosamin dan parasetamol bagi hati bisa di proteksi daun sambiloto, sehingga hati tetap sehat tanpa ada gangguan obat tadi.

Karena kandungan zat ini dalam daun sambiloto, maka manfaat daun sambiloto bisa untuk menurunkan enzim CDK4 yang diketahui sebagai penyebab kanker dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.
Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto
Manfaat lain daun sambiloto adalah sebagai pencegah radang, memperlancar air seni (diuretika), bermanfaat untuk kencing manis, dan terkena racun. Sementara kalium yang ada dalam daun sambiloto bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat kesehatan lainnya dari daun sambiloto adalah sebagai obat tradisional untuk menurunkan diabetes/kadar gula darah.

Selain dari khasiat di atas, daun dengan nama latin Andrographis paniculata ini ampuh dijadikan sebagai ramuan untuk mengobati penyakit tifus. Caranya yaitu dengan cara mengambil 10-15 daun sambiloto dan direbus sampai mendidih, kemudian airnya diminum.

-----------------------------------------------------------


Daun Seledri (Apium graveolens)

Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan

Cara meramu tanaman SELEDRI menjadi obat yang bermanfaat dalam mengatasi masalah kesehatan tubuh. Berikut kita simak

1. Manfaat daun seledri untuk obat batuk

Ambil seledri serta batang dan akarnya
Kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih
Selanjutnya diamkan hingga dingin, saring dan beri madu murni kedalam air rebusan
Kalau sudah dingin bagi air menjadi dua bagian, minum dua kali sehari yaitu pagi dan petang

2. Khasiat seledri sebagai obat reumatik

Ambil satu tangkai daun seledri dan cuci bersih
Ketika makan, baik pagi atau siang dan malam, maka jadikan sebagai lalapan
Lakukan setiap hari dengan teratur, insya Allah rematik anda hilang

3. Mengatasi darah tinggi/tekanan darah tinggi

Siapkan dau seledri sebanyak 1 ons daun, batang serta akarnya
Berishkan semuanya hingga benar-benar bersih
Kemudian tumbuk sampai halus, masukkan 1 gelas air
Rebus air ramuan seledri tersebut
Bagi menjadi dua bagian dan minum padi dan sore.

--------------------------------------------------------------------------------

 
Daun jambu biji ( Psidium guajava)

Mengobati Penyakit Maag dengan Daun Jambu Biji
Manfaat Daun Obat

Mengobati Penyakit Maag dengan Daun Jambu Biji. Jambu biji adalah tanaman yang familiar karena sering tumbuh di pekarangan rumah dan mudah didapatkan. Indonesia sebagai negara tropis menyediakan beratus ribu tanaman obat-obatan. Salah satunya adalah tanaman jambu biji. Jambu biji bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari daunnya hingga buah jambu biji.
zbati Maag dengan Daun Jambu Biji.

Salah satu manfaat daun jambu biji adalah sebagai obat alami dalam mengobati diare pada anak. Bahkan obat modern pun menggunakan ekstrak daun jambu biji sebagai bahan baku obat. Cara mengkonsumsinya juga sangat enak yaitu dengan cara mengunyahnya langsung atau dengan campuran bahan lainnya